Vista Service Pack 2 alami Keterlambatan

Kita sudah tahu bahwa Microsoft sebelumnya menjadwalkan versi release candidate (RC) Vista SP2 untuk bulan Februari 2009. Microsoft berusaha untuk merilis Vista SP2 secepat mungkin untuk memberikan insentif tambahan kepada pengguna untuk melakukan upgrade ke Windows Vista dan tidak terus menunggu Windows 7. Kabar terakhir mengatakan bahwa tampaknya SP2 juga akan mengalami sedikit keterlambatan.

Microsoft akan menunda perilisan versi RC selama satu bulan dan sebagai gantinya, mereka akan merilis satu versi tambahan yang mereka namakan “Release Candidate Escrow Build” (escrow berarti penambahan source code sudah dihentikan dan perubahan hanya dilakukan untuk memperbaiki bug-bug penting saja). Versi RC penuh Vista SP2 akan ditunda hingga bulan Maret, sedangkan versi RTM (Release to Manufacturing) yang pada awalnya dijadwalkan untuk keluar Bulan April diundur hingga kuartal kedua 2009.

Untuk melihat berbagai perubahan yang diantarkan Vista SP2, kunjungi dokumentasi Microsoft di TechNet. Selain memperbaiki masalah kompatibilitas dan stabilitas, pengujian bit-tech juga memperlihatkan kinerja yang lebih baik dari Vista SP1.

Di bawah ini adalah prakiraan jadwal rilis Vista SP2 yang kemungkinan akan memasuki tahap RTM di Bulan Mei atau Juni, apabila tidak mengalami keterlambatan yang berarti.

Versi Tanggal Rilis
Release Candidate Escrow Build February, 2009
Windows Vista SP2 RC March, 2009
Release To Manufacturing (Wave 0) Q2, 2009
Release To Web (Wave 0) TBA
Release To Manufacturing (Wave 1) 6 Weeks After Wave 0 RTM
Release To Web (Wave 1) TBA

Seperti biasa, walaupun Microsoft sudah menyatakan sebuah produk sebagai RTM, tidak berarti pengguna akan dapat langsung mengunduh aplikasi tersebut. Tanggal debutnya SP2 ke publik mungkin akan dilakukan beberapa minggu setelah itu. (TechArp)