40% Orang Eropa Gaptek Internet ??

sadBrussel – Selama ini, Eropa dikenal sebagai rumah dari negara-negara yang paling melek internet di dunia. Namun ternyata, sebuah data dari Komisi Eropa mengungkap fakta yang cukup mengejutkan. Banyak warga di negara Uni Eropa yang masih belum tersentuh internet.

Seperti dikutip detikINET dari International Herald Tribune, Senin (21/4/2008), sebanyak 40 persen warga Uni Eropa dikatakan belum pernah sama sekali menyentuh dunia internet. Negara asalnya pun bermacam-macam.

Sekitar dua per tiga warga Rumania, Bulgaria dan Yunani dilaporkan sama sekali asing dengan dunia online. Sementara di sisi lain, internet telah menjadi makanan sehari-hari bagi hampir semua warga Denmark dan Belanda.

Terkait masalah ini, Komisi Eropa menyalahkan pemerintah-pemerintah di benua biru tersebut yang dinilai tidak cukup membuka pasar bagi persaingan luas, yang dapat menurunkan harga akses broadband sehingga lebih banyak orang berkesempatan menjelajah dunia maya.

Tarif internet di negara-negara Eropa memang sangat beragam. Khusus di negara-negara Eropa Timur, tarif internet dikatakan lebih mahal ketimbang wilayah Eropa lainnya.

Di Slovakia misalnya, konsumen harus membayar sedikitnya US$ 77 atau setara dengan Rp 708 ribu untuk akses broadband dengan kecepatan download 1 Megabit/detik. Sementara di Negara Kincir Angin Belanda, harga internet mulai dari US$ 22 atau sekitar Rp 202 ribu.

Wach – wach ternayata disana gaptek juga ya ??? untung Indonesia gak kayak gitu betul gak ??

Berita ini dikutip dari Detik.com